Sunday 9 January 2011

Unbaked Blueberry Cheesecake

Posted by Novi Saluntara at 23:34

Ultah Papanya anak2 minggu lalu aku buatkan Blueberry Chizkeik. Resepnya aku dapat dari hasil ngubek2 Om Google, dan akhirnya dapatlah resep ini. Unbaked Cheesecake by Nigella Lawson. Yang ternyata dia adalah salah satu chef di AFC, setelah dikasih tau suamiku, qiqiqiqi

Ini dia resepnya Unbaked Cheesecake by Nigella Lawson dengan sedikit modifikasi dari aku berdasarkan pengalaman mencoba beberapa resep cheesecake, ehheheheh.....


UNBAKED BLUEBERRY CHEESECAKE
by: Nigella Lawson 
Modified by: Novi Nayara 

Bahan2:
125g Biscuit (saya skip)
75g unsalted butter (saya skip)
300g cream cheese (saya pake merk Yummy)
60g gula halus
1 tsp vanilla extract / essence
jus dari setengah lemon / jeruk nipis (saya pake 1tbs air perasan jeruk lemon)
250ml double cream (saya pake merk RICH)

Cara Membuat:
1. Langkah membuat BaseCake dari Cheesecake. Masukkan biscuit ke dalam plastik ziplock, kemudian hancurkan dengan rollingpin atau dengan ulekan. Simpan dalam wadah lalu sisihkan.
2. Lelehkan butter dengan cara di tim. Kemudian tuangkan kedalam wadah isi biscuit yang sudah dihancurkan. Aduk rata.
3. Lalu masukkan adonan biscuit butter ini ke dalam loyang springform (bongkar-pasang) ukuran diameter 2ocm. Tekan2 didasar loyang hingga padat kemudian simpan di dalam kulkas sekitar 30 menit.
Untuk yang tahap 1 - 3 ini adalah langkah membuat basecake untuk cheesecake ini. Langkah saya skip dan saya ganti basecakenya dengan Brownies Kukus Resep Ny. Liem.
4. Kocok cream cheese, vanilla extract, gula halus & perasan jeruk lemon hingga merata.
5. Kocok whipped cream di mangkuk terpisah hingga mengembang soft peak. Jangan terlalu kaku, nanti hasil cheesecakenya ga bagus kalo pengocokannya terlalu kaku.
6. Masukkan whipped cream yang telah dikocok ke mangkuk creamchese. Kemudian diaduk hingga merata. Jangan terlalu lama Mengaduknya karena akan membuat cream mencair dan kehilangan volume.
7. Tuang kedalam loyang bongkar-pasang yg sudah diisi dengan biscuit atau basecake lainnya lalu diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih 4 jam (semalaman lebih bagus).
8. Sebelum disajikan, olesi bagian atas cheesecake dengan blueberry paletta, atau bisa dihias dengan whipped cream sesuai selera, atau bisa juga dihias dengan aneka buah2an segar yang diletakkan di atas cheesecake.

Notes:
* Agar hasil kocokan whipped cream mengembang dengan bagus, sebaiknya whipped cream dikocok dalam keadaan dingin. Caranya bisa dengan menyimpan terlebih dahulu creamnya dikulkas sebelum dikocok. Atau bisa dengan mengalasi mangkuk tempat mengocok whipped creamnya dengan mangkuk yang lebih besar yang telah diisi dengan es batu secukupnya.
* Apabila menggunakan whipped cream bubuk, gunakan air kulkas, agar hasil whipped creamnya mengembang bagus


Ketika sampe dikantor, langsung heboh deh dan tiba2 ada kejadian perayaan ultah suamiku dikantornya yang dipunggawa oleh Vita, Neo-Fusioner yang heboh dan ceria *sesuai namanya niy Cheirrina Vita, hihihihiih, maksa mode on*

Anyway, terima kasih banyak ya teman2 Neo-Fusioner yang telah memeriahkan dan menghebohkan acara potong2 kuenya.

Ini dia foto Little Celebration for My Lovely Hubby Birthday



Unbaked Cheesecake karya Nigella Wilson ini sangat lezaaattt.... Worth to try....Foto Blueberry Cheesecakenya nanti aku upload kl ada kesempatan untuk membuatnya lagi yaaaa... ehehhehehe.....

Update:
Minggu lalu Mba Henny ngebuzz YM aku, katanya beliau punya foto kue ultah suamiku.
Horeeee... asiikkk... bisa buat dipajang di blog...
Makasih ya Mba Henny ^_^
Jadi buat yang penasaran seperti apa siy penampakan, nah ya ini lah penampakan cheesecake blueberry *foto ada dipaling atas tulisan*

2 comments:

icha said...

tanpa gelatin kokoh gtu mba? merk yummi kan cream cheese nya 1cup = 250gr, pake 1 cup lbh ya....kalo hanya 1cup aja bisa ga ya?

Novi Saluntara on 12 February 2012 at 17:41 said...

pake gelatin ko... cuma ga aku masukin ke resep.. takarannya sekitar 10% dari whipped cream ya...
bisa aja siy kl creamcheesenya hanya 250gr, tp jadi kurang berasa cheesenya..
aku kmr bikin 2 loyang, B16 sama B24, bikin 2,5 resep (pake 3 creamcheese yummy)
resep diatas idealnya buat loyang B18, kl B16 bisa tp jadi lebih tinggi hasilnya ^^

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template