Wednesday 11 May 2011

PR LBT#5 - Martabak Manis Pancake

Posted by Novi Saluntara at 19:50


Sebenernya sejak PR LBT#5 diumumkan, saya pesimis ga bisa ngumpul PRnya... Secara temanya kayaknya susah bangetttttt.....
Ini niy temanya "KUE TRADISIONAL KHAS INDONESIA (yg dipanggang/dioven)"
Nah loooo..... bikin apaan tuh... kayaknya kalo kue2 tradisional indonesia tuh kebanyakan di kukus, sama digoreng diatas kompor.... Nah, apaan tuh yang dipanggang/dioven ya...
Liat contohnya siy ada martabak manis, tapi bukannya ini dari mesir ya? sotoy mode on..... hihihihi
terus ada bingka, bika ambon sama wingko... waduh apaan tuh ya.... semuanya belom pernah bikin... denger2 bikin bika ambon yang paling susah menaklukan sarangnya itu... kalo bisa bersarang sempurna, berarti udah bisa menaklukan bika ambon... hmmmm kayanya susah :p

Saya putuskan bikin bingka aja deh... kayaknya agak mendingan, soalnya awalnya dari kentang yang direbus terus dipanggang diatas kompor.... *kirain kalo makanan dimatangin diatas kompor tuh namanya digoreng, dodoL banget sehhhhhhh..... hahahahahha*

Seminggu sejak pengumuman PR LBT yang awalnya mau praktek2, ternyata tertunda terus... dari mulai Krishna sakit cacar, terus Krishna keracunan makanan, terus juga ada beberapa pesanan .... dengan kapasitas produksi dan tenaga kerja yang terbatas... alhasil PR LBT#5 ketunda terus... Maafkan daku ya mbak2 host LBT yang baik hati dan cantik2 ^_~.....
Saya ga berniat mangkir dari tugas koooo,.... suer deeeehhhh *janji gombal, hihihhi*
Ini buktinya saya sempatkan bikin looooo.... Dengan keterbatasan ide, waktu dan tenaga.... saya putuskan untuk LBT ini mau bikin Martabak manis aja, ga jadi bikin bingkanya... *padahal udah beli kentang*.. besok lagi deh bikin bingkanya, selain emang cetakannya ga punya, hahahah...

Martabak manis ini resepnya saya ambil dari Bunda Ricke yang cantik tea.... *makasih ya teh sharing resepnya ^_^*
Saya manggangnya pake teflon buat masak yang biasa *ga punya loyang martabak siy* Jadinya tampilannya kaya pancakes deh... Makanya saya namain Martabak Manis Pancake, ahahhahha *ngaco mode on*

Gampang banget ya ternyata bikinnya... Kenapa ga dari kemaren2 ya praktek bikin ini, hadeuh.... pemalas amat siy Mama Krishna ini....

Resep Martabak Manis-nya Bunda Ricke saya share lagi disini ya.... siapa tau ada yang belom nyoba *kayaknya cuma saya aja yang belom nyoba niy, hahahahah* saya cuma pake 1/2 resep aja... soalnya belom kelar niy bikin pasta pesenannya... sementara kompor cuma 2, jadi rebutan deh, hahahahah....


Martabak Manis
by Ricke "Bunda Nadhifa" Indriani



Bahan:
250 gram terigu protein sedang
400 ml air (aku pake UHT Full Cream)
30 gram gula pasir
1/2 sdt garam
2 buah telur
1 sdt baking powder

Bahan tambahan per loyang:
1/4 sdt soda kue
Gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
Sesuai selera (coklat, kacang, keju, selai, dll)
Susu kental manis

Bahan olesan:
Butter/margarin

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula dan garam sampai gula larut. Tambahkan susu. Aduk rata.
3. Masukkan campuran terigu dan baking powder. Kocok rata sampai lembut dan tidak ada lagi gumpalan terigu. Bila masih ada bisa disaring. Diamkan 1 jam atau lebih.
4. Panaskan loyang martabak sampai panasnya merata dan cukup (loyang tidak usah dioles). Jika sudah panas, kecilkan api (kecil banget ya). Biarkan sekitar 10 menit agar panasnya stabil.
5. Bagi 2 adonan. Tambahkan 1/4 sendok teh soda kue yg dilarutkan dg 1 sendok makan air. Aduk cepat merata. Langsung tuang ke loyang yg sudah panas. Biarkan sampai muncul gelembung dan berlubang-lubang. Taburi gula pasir. Tutup loyang dan biarkan sampai matang (permukaan sudah tidak cair/basah).
6. Angkat. Segera oles dengan butter/margarin. Beri isian. Beri susu kental manis. Belah jadi 2 bagian, tumpuk. Oles lagi permukaan kulit luarnya dengan butter/margarin. Potong-potong. Sajikan hangat.
7. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan.

Panggangan pertama dari 1/4 resep, dan kelupaan ngangkat, alhasil jadi gosong wakakkaka... makanya ga saya foto... dah langsung masuk perut sambil bikin pasta pesenan, laper siy ahahahahah.... *gosong aja bisa abis ya... emang resep martabak manis ini enak banget niy*
Adonan 1/4 resep terakhir saya bagi 2 kali manggang, jadi tipis2 dan kecil2 kaya pancake... hihihii.... hasilnya lebih cantik... makanya saya jadiin bekel buat cemilan papa di kantor... biar pede kalo diliat sama temen kantornya.... kan kalo bawa makanan gosong, malu atuuuuhhh, ihiihihihi *sok jaim, ahhahahah*

Oh iya, saya telat banget niy setor PRnya... berhubung ya itu tadi... dan karena host LBT-nya sangat baiiiikkkkk yaitu mba Yunita Amaliawati, dan beliau mengijinkan saya menyusul upload fotonya.... Makasih banyak ya mba Yun yang baiiiiikkkkkkk *emmmmuuuuuuaahhhhh*

0 comments:

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template