Friday 30 September 2011

KBB25 - Scones

Posted by Novi Saluntara at 12:07


Horeeee.... KBB Ulang Tahun yang ke-4... Sama banget sama Ulang Tahun-nya Krishna dong ya... ke-4 juga dan di bulan yang sama... Uhuy.... Senangnya ^_^
Menurut Ibu Host, Ultah KBB kali ini dirayakan dengan minum teh bareng ditemani oleh scones, sebagai teman specialnya. Menurut ritual sajian teh di Inggris, sajian minum teh didampingi oleh scones yang disajikan bersama dengan cream dan selai. Hmmm... Yummyyy....



Masih info dari ibu host, Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dan susu. Tekstur scones haruslah ringan, dan tidak berat dan tidak basah seperti brownies, dengan demikian baking powder banyak digunakan sebagai bahan pengembang.

Di bulan ini, sejak awal bulan hingga menjelang minggu ketiga saya mempersiapkan project Wedding Vera & Victor. Karena ini project Wedding Cupcake & Cake yang pertama, sehingga saya berusaha untuk tampil sebaik mungkin, agar customer puas dan suka dengan hasilnya. Disamping project ini, saya pun harus ke luar kota untuk keperluan kantor. Sehingga saya baru sempat mengerjakan tugas ini dihari terakhir bulan september setelah pulang dari luar kota.

Sekarang mari kita bahas Resep Scones ini
Saya menggunakan resep scones sama persis seperti yang diberikan oleh Ibu Host di Surtjin. yaitu:

Resep Scones
Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.

Untuk 12 potong


Ingredients:
3 cups tepung terigu
6 sdt baking powder
¼ sdt garam
75g mentega
1 - 11/2 cup susu segar
ekstra susu

Methode:
Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk. Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti. Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

Penyajian sconesnya agak kurang... berhubung ga punya cream, hanya ada selai beraneka rasa. Jadinya scones ini hanya disajikan bersama selai blueberry untuk menemanij minum teh.
Enyaakkkkkkkk.... Ternyata begini toh rasa scones... apalagi kl ditambah thick cream... uuuu... enyak pastiiii......

Mudah2an laporan saya ini masih bisa diterima.
Horeee... dapet logo lululus.... Makasyiiiii ibu host... muach muach....




0 comments:

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template