Sunday 1 May 2011

Bolu Kukus Ceria

Posted by Novi Saluntara at 19:38


Setelah 2 kali gagal menaklukan Bolu Kukus... Pagi ini bermodal nekad saya mencoba membuat si Bolkus untuk ngakak selebar2nya.... Dimulai dengan menakar bahan... Lalu mengocok semua bahan bersama2 secara sekaligus selama 25 menit, sebelum mengocok kukusan sudah dipanaskan, sehingga saat adonan udah selesai dikocok, panci kukusan udah siap dengan kondisi air mendidih dengan uap yang berlimpah, heuehheuue... Setelah kelar mengocok, langsung saya takar ke mangkuk kukusan yang telah dialasi cupcase, lalu dikukus selama 15 menit. Kali ini saya bener2 memperhatikan jam, untuk memastikan waktu pengocokan dan waktu pengukusan biar bener2 sesuai resep boooo.....

Dengan berdebar2 setelah 10 menit lewat saya tengok kukusan..... Wah... Bolkusnya mekarrrrrr.... horeeeee..... Eits.... jangan seneng dulu... Bolkus batch pertama juga begini niy kondisinya.... saat masih dikukus itu bolkus mekar semua, mekrok booooo... ngakak ngabarakatak.... Lah begitu kukusan dimatiin dan bolkusnya diangkat dari kukusan, ko langsung pada cemberut ya bolkusnya.... Pada mingkem semua, huhuhuhu T_T
Karena kejadian itu saya jadi agak2 parno ney... Takut pada cemberut lagi niy bolkusnya hadeuh.... berdebar2 boooowww...

Nah berhubung bolkusnya saya bikin 1/2 resep... jadi dapet 19 cup tapi berhubung agak parno takut ga mekar jadi saya bagi 2 ngukusnya, biar si bolkusnya dapet posisi ditengah kukusan, dapet uapnya banyak... ini menurut logika aku siy, makin deket ke api makin bagus, wakakaka...
Setelah pas 15 menit saya angkat satu persatu bolkusnya ke atas nampan, dan saya masukan bolkus sisanya sekitar 7 bolkus warna ijo... lalu saya angin2an menunggu dengan berdebar2 sambil diperhatikan terus bolkus pink kuning ini takut mingkem lagi bolkusnya... Dan ternyata memang bolkusnya mekrok.... syukurlaaahhhhh...... Kali bolkusnya takut mingkem gara2 saya pelototin terus, jadi ga berani mingkem lagi, muwahahahhhaa....



Sambil menunggu bolkus ijo mateng, bolkus pink ijo ini saya tata di piring... menunggu sesi pemotretan, ahhahahaha.... dah kaya foto model aja, hihihii....
Dan alhamdulilah, ternyata bolkus ijo pun mekrok....
Akhirnyaaaa.... Saya terbebas dari kutukan Bolkus Mingkem... Mudah2an saya memang benar2 terbebas dari kutukan itu, jadi untuk selanjutnya ga ada lagi kata Bolkus Mingkem....
Dan saya bisa menikmati pagi ini dengan ceria, hoohohoho.... Bolu kukus ceria ditemani secangkir Hot Choco... Slurppp.... Yummy....

Jadi Ready for Next Bolkus Recipe, huehuehueue *banyak gaya dah, hiihihihhii*
Yuks teman2... Dicoba Bolkusnya.... Saya juga akhirnya berhasil niy bikin bolkus NGAKAK ngabarakatak, sampe ga bisa mingkem lagi mulutnya tuh.... Setelah percobaan ke-3, muwahahhaha *parah ya booo... sampe 3 kali nyoba baru bisa bikin bolkus mekrok*

Buat temen2 yang mau nyoba bikin Bolu Kukus Ceria ini, yok silahkan....
Saya sharing disini resepnya. Bolkus ini aku ambil dari FBnya Mba Rina Rinso... Kalo dilihat diblognya siy, katanya resep asliya dari Mba Ruri W... Anyway... Makasih ya Mba Rina, atas sharing resepnya ^_^


Bolu Kukus Ceria
by Rurie W



Bahan:
500 gr terigu (aku pake Kunci Biru)
400 ml susu cair (aku pake UHT Bendera)
375 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdm emulsifier (aku pake TBM)
1 sdm vanila

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan/dandang/klakat.
2. Campur semua bahan dalam wadah dan kocok selama 25 menit.
3. Beri pewarna sesuai selera.
4. Tuang ke dalam cetakan muffin dan kukus selama 15 menit.

Dengan 1/2 Resep aku dapet 19 cup Bolkus Ceria tapi ukuran medium... Mungkin kalo diisi full cupcasenya, saya akan dapet sekitar 10-12 Bolkus niy.....

Bagi teman2 yang mau pesan bolkusnya untuk acara arisan dirumah, atau untuk salah satu alternatif snack box, silahkan, monggo...
Hubungi kami di BBM 25A7012C | SMS 0822-9913-0593 | Email vanty777@gmail.com

0 comments:

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template