Sunday 31 July 2011

KBB24 - Rich Chocolate Tart

Posted by Novi Saluntara at 09:52


Surat Cinta yang pertama sebelum resmi menjadi anggota KBB adalah Rich Chocolate Tart... Tart ini menjadi PR KBB pertama buat saya si calon anggota. Sekilas liat resepnya sangat menggiurkan sekali.... Gimana ngga, mulai dari pastry sampe isinya, semuanyaaaa coooooookeeelaaaatttttt.... sluuurrrppppp.... *tadah iler*



Rencana mau buat minggu2 awal ga kesampaian, karena ga sempat belanja DCC sama Thick Cream juga saya sebagai pemula memantau diskusi para sesepuh di email seputaran PR KBB ini... Sedikit banyak seiring dengan waktu saya sedikit mengerti proses pembuatan dan mendapatkan gambaran seperti apa bagusnya si Tart ini jadinya.... Teringat ke dunia nyata, ternyata minggu berikutnya saya harus keluar kota, kemudian sekembali dari sana disibukkan oleh report2 perjalanan, internal approval juga persiapan mulai dari survey lokasi mau dikota mana meeting berikutnya hingga invitation kepada customer kantor saya. Tak terasa semuanya sangat memakan waktu hingga tak sempat belanja apalagi membuat PR ini. Hingga minggu terakhir sekembali perjalan saya yang kedua kalinya dalam kurun 1 bulan *kejadian yang amat sangat langka* saya baru tersadar rupanya tanggal kembali saya dari luar kota adalah 29 malam. Huaduhhh..... langsung deh saya email ibu host menanyakan kepastian laporan PR....

Hari Sabtu saya dan suami beres2 rumah yang seperti kapal pecah, karena selain saya yang berangkat keluar kota di minggu terakhir bulan juli ini, suami saya pun berangkat ke luar kota untuk urusan pekerjaan. Sore hari langsung nyerbu TBK untuk membeli berbagai bahan kue yang baru saya sadari ternyata udah banyak yang habis tak bersisa. Rencana mau buat PR malam hari, apadaya rencana tinggal rencana. Perjalanan pulang dari fatmawati menuju Depok menempuh hingga berjam2. Dari Jam 17:30 keluar dari TBK sampai rumah pukul 22:30. Hadooooohhhhhhhhhhh....... Muacet pooooooolllll.....

Macet yang ga penting, hanya karena kepentingan sekelompok orang mengakibatkan kerugian bagi berpuluh2 bahkan beratus-ratus orang. Bahkan tidak sedikit yang menggerutu marah mungkin mengeluarkan makian dan umpatan. ckckckck... *geleng2 kepala*

Ya back to topik KBB.... sesampai dirumah saya cuapeeeeeeee sekali.... Kehilangan mood, semangat dan tenaga disaat yang sangat2 tidak tepat.... Huuhuhuhu......
Rencana mau bikin PR di Hari Minggu Pagi yang cerah.... Tapi ternyata tiba2 ada telepon dari Papa meminta diantar nyekar ke Makam Eyang Uti di Casablanca... Jam 8.00 pagi kita sudah meluncur berangkat ke Pondok Gede, berharap bisa kembali ke rumah dengan cepat. Tapi dengan beberapa urusan yang harus diselesaikan, saya lagi2 sampai dirumah malam hari, untungnya tidak semalam seperti malam sebelumnya. Jam 20.00 sampai dirumah, lalu 20.30 saya start baking membuat PR KBB#24 - Rich Chocolate Tart. E dodo e.... ketika pengovenan tahap terakhir saya baru teringat kalo koneksi internet di rumah amat sangat tidak bisa diandalkan. Sehingga yang seharusnya PR bisa dikirimkan InInjury Time a.k.a jam 23:30.... Apadaya koneksinya amat sangat lambreta.... Lebih banyak gagalnya daripada suksesnya T_T
Walaupun saya berhasil laporan, tapi jam di laptop sudah menunjukan jam 00:48 tanggal 1 agustus 2011. Oh nooooooooooooooooo.... Nangis bombay lah eykeeeeeeeeee..... ga ada yang bisa dilakukan selain mewek sama pasrah pada keputusan para ibu host KBB. Mudah2an beliau mau menerima laporan PR saya dan memberikan tanda lulus.... huhuhuhuhuhu........

Sambil berurai air mata dan masih berharap semoga PR saya diterima, saya akan sharing pengalaman pembuatan Rich Chocolate Tart ini.

Saya ga punya Food Processor, saya hanya punya blender kecil dan mixer, sehingga saya hanya membuat 1/2 resep saja. Rencana pastry akan dibuat menggunakan blender kecil yang biasa dipakai sebagai alat penggilingan bumbu dapur. Tapi ternyata not working wel... Menteganya ga mau menyatu dengan bahan2 keringnya. Lalu saya tuang ke mangkok stainless stell dan saya kocok dengan mixer sambil diputar2 agar mentega bisa menyatu dengan bahan2 keringnya. Dan ternyata berhasil, setidaknya itu menurut ukuran saya, ahahahhahaha...... Langkah selanjutnya berjalan lancar sampai si adonan dimasukin kulkas selama 30 menit.

Sambil menunggu saya menyiapkan adonan isinya, yaitu si adonan chocolate yang ada dalam bayangan saya siy nantinya jadinya kue tart dengan kulit seperti pie, dengan isian adonan coklat yang lembut, gooey dan nyoklaat abiiissss.... Saat hendak mencarikan DCC, ealaaahhhh ternyata DCC nya udah abissss.... Tadi di TBK ga jadi beli, karena si TBK udah ga jual DCC merk yang biasa saya pakai... Karena seinget saya masih ada sekeping besar DCC (kurang dari 1 kg) yang saya yakin banget masih cukup buat bikin Rich Chocolate Tart ini.... ternyata cuma tersisa 60gram!!!! sementara saya membutuhkan sebanyak 150gram sodara2.... huaduuuuhhhh... *panik mode on* lalu sang suami menyelamatkan dalam situasi sulit itu... beliau menemukan 1 batang kecil DCC dalam kulkas yang amat sangat keras sekali untuk dipotong2 T_T. Sehingga saya mendapatkan sekitar 130gram DCC. Oalah masih kurang 20gram... Kalo dikurangin coklatnya pasti nanti agak2 kurang deh rasanya... Karena agak worry sama hasilnya, dengan nekad saya tambahkan coklat yang udah berubah jadi ganache (karena udah tercampur dengan cream) sebanyak 30gram. Sementara takaran cream di resep ini saya kurangi dari 40gram sehingga hanya 35gram aja. Agak2 waswas takut ga sesuai harapan dan seharusnya niy tart jadinya...



Setelah dipanggang... Hmmmm.... adonan tengahnya menggendut sekali.... kaya perut buncit.. yang setelah dingin kembali langsing, akakakakka..... Saat memotong.... Kulitnya jadinya kering sekaliiiiiiiii...... Kelamaan manggang kulitnyaaaaa, huhuhuhu... tapi begitu memotong bagian tengahnya.... woooooooooowwwwww...... fudgy sekali isinyaaaaa.... shiny coklat dan kepulan uap yang menggoda air liur untuk terbit.... Karena ta tahan dengan godaan, walau udah larut malam, akhirnya si first slice ini dengan suksesnya masuk ke mulut, dan ternyata.......... Perpaduan renyah kulit dan filling yang fudgy, nyoklat dan lembut di mulut... sungguh perpaduan yang sangat kereeeennnnn.... Menurut saya yang udik dalam baking resep2 dari luar negri, Rich Chocolate Tart buatan saya ini, sangat prefekto, hohoohohohhooh....... Walaupun sebenernya yang pas itu adalah tekstur fillingnya gooey, ini saya malah dapet tekstur moist, wakakakka... sepertinya kebanyakan komposisi cream, iqiqiqiqi

Hayo yang doyan coklat yang doyan coklat.... Ini salah satu resep wajib dicoba niy... Dijamin ketagihan... qiqiiqiqiqiq...... Yuks ah dicobain, saya sharing resepnya di blog saya ini ya.... Kalo yang mau liat langsung ke blog-nya KBB monggo, tinggal klik disini yaaa....


KBB#24: Rich Chocolate Tart
Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly. Untuk 10 porsi




Pastry
185g tepung terigu
25g coklat bubuk
55g icing sugar mixture
150g mentega dingin, cincang
2 kuning telur
1 sdt air dingin



Cara Membuat
- Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata.
- Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal.
- Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.
- Panaskan oven, suhu sedang (moderate).
- Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya.
- Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.
- Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit.
- Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.


Chocolate Filling
4 kuning telur
2 butir telur
55g gula caster
80ml krim kental
300 DCC, lelehkan
1 sdt ekstrak vanilla

Cara Membuat
- Buatlah pastry, lalu turunkan panas oven hingga suhu rendah (moderately slow).
- Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy.
- Masukkan krim, coklat dan ekstrak.
- Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang.
- Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.

Beautiful Monday Morning.... Pagi ini selain cuaca cerah saya mendapat kabar gembira....
Ibu Host memberikan tanda lulus untuk tantangan KBB#24 yang udah saya setorkan dini hari ini..... Alhamdulilahhhhhhh.... Senangnya ^_^ *peyuk2 mba Rita sama mba Ade*
I'm proudly presenting Logo lulusnyaaaa.... ^_^

2 comments:

Unknown on 4 August 2011 at 15:39 said...

*nowel ahhhh...

Novi Saluntara on 4 August 2011 at 19:36 said...

waduh ada mba Arfi sesepuh KBB berkunjung....
I am very honored to have you in my online home ^_^

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template