Wednesday 26 January 2011

Apricot and Lemon Cheesecake for Our Wedding Anniversary ^_^

Posted by Novi Saluntara at 00:55

Sebenernya tadi malam tuh males banget baking, praktek bikin cake yang udah dari minggu lalu aku save resepnya.. Padahal rencananya tuh cake mau dibikin weekend kemarin, entah kenapa ko banyak kerjaan ya kmr.. Cuma sempet bikin Bangket Susu batch ke-2, yang alhamdulilah sukses, ihhiihhi...

Udah kadung bilang sama temen2 kalo besok aku bawain kue, rasanya beraaaaattt banget buat ngangkat badan dari posisi leyeh2 depan tivi.... tp ya akhirnya dengan mata ngantuk dan malas2an aku start baking jam 1/2 12 malam, heuheuheuheu....

Rencana awal mau bikin Special Cheese Steamed Brownies a.k.a brownies kukus (resep by Pa Sahak) tapi ini brokusnya ko cuma jadi 1/3 loyang ya, wakakka... kegedean loyangnya, aku pakenya loyang D24 Pantas aja dari awal curiga, ko komposisi ingredientnya dikit gini ya.. apa nantinya bakal ngembang banget yaaa.... ga kepikiran sama sekali buat nyoba dulu dengan loyang ukuran D16 atau D18, bwahahahah....

Setelah dipikir2 ini brokus 1/3 loyang mau diapain ya... masa disajikan dalam kondisi pendek buntet begitu ya... mengurangi keindahan ah.....
akhirnya keingetan buat dijadiin cheesecake aja deh, praktekin list resep yang udah aku save minggu lalu, hiihihi...
Resep cheesecakenya aku ambil dari websitenya Cream Cheese Philadelphia.
Aku bikinnya 1/2 resep aja, soalnya rencana mau bikin di loyang D20, diatas brokus keju tadi yang udah di trimming jadi ukuran D20

Ini dia resepnya Cheesecakenya:


Apricot and Lemon Cheesecake
Taken from: Philadelphia CreamCheese Website 


Ingredients:
1 1/2 tbs gelatin (22,5grams) -> saya pake gelatin lembaran halal 1 lembar saja
1 cup apricot nectar  (240 ml) -> saya pake 3 tbs selai apricot yang diencerkan dengan 200ml air matang
1 cup sweet biscuit crumbs (110 grams) -> saya skip, pakai basecake bronis keju
1 tbs caster sugar (20grams) -> saya pakai gula pasir halus
1 tablespoon lemon juice (15ml) -> saya pakai air perasan jeruk lemon
1/2 cup caster sugar (115grams) -> saya pakai gula pasir halus
1/3 cup butter (75grams) -> lelehkan
3 tsp cornflour (30grams)
3/4 cup apricot nectar (180ml) -> saya pake 2 tbs selai apricot yang diencerkan dengan 150ml air matang
3/4 cup cream lightly whipped ( 180ml)
3/4 cup preserved cherries (optional)
425g can apricot halves, drained (optional)
500g block PHILADELPHIA Cream Cheese -> di mixer hingga lembut

Cara Membuat Apricot Nectar:
siapkan 200ml air panas dengan 3sdm apricot paletta, kemudian aduk rata hingga tercampur sempurna menjadi air sari apricot

Instructions:
1. Hancurkan biskuit sampai hancur seperti pasir, kemudian campurkan butter yang udah di lelehkan kedalam biskuit, aduk hingga merata. Tuang kedalam loyang bongkar pasang D22 (Saya skip step yang ini karena pakai Brokus Keju sebagai baseckenya)
2. Lelehkan gelatin dengan 1tbs air hangat, tuang kedalam sari aprikot. Kemudian panaskan dalam panci atau microwave dengan suhu sedang selama 15 menit hingga gelatin tercampur merata dengan apricotnya.
3. Kocok Cream cheese hingga halus, kemudian tambahkan gula, lemon juice, campuran air gelatin dan whipping cream. Kosok hingga merata. Tuang kedalam loyang, kemudian masukkan ke dalam kulkas hingga set, sekitar 3 jam.
4. Panaskan sari apricot, gula dan maizena dalam panci kemudian aduk dengan panas medium hingga mendidih dan mengental. Lalu biarkan dingin.
5. Saat hendak disajikan, tuangkan campuran apricot nectar diatas kedalam loyang. Lalu hias cheesecake dengan apricot potongan dan cherry. Dinginkan sebentar, lalu sajikan

Review rasa cheesecakenya??
Wiiiii enak tenan.... gurih, lezat, ga bikin eneg, tapi bikin ketagihan, hahahahh.....
Lebih enak kl dimakan pas dingin2 baru keluar kulkas.... hmmmm yummy.. slurp *duh, jadi ngeces, pengen bikin lagi*
Aku bawa kuenya ke kantor, wih langsung habis dalam sekejap mata... ckckckck...
Cheesecakenya legit, kata Bu Andrea malah katanya mahteh
Kata Tante Libri enak banget, ga bikin eneg. Secara dia doyan banget sama cheesecake, katanya cheesecake ini enak bangetttt...
Kata Yulita, yang ga begitu suka keju, katanya kuenya enak banget...
Overall semua teman2 bilangnya enak kuenya...
Terima kasih juga Philadelphia Cream Cheese serta pada Pa Sahak atas sharing resepnya ^_^

Silahkan dicoba teman2, gampang banget ko...

7 comments:

Anonymous said...

hmmmm nyummmy....
bikin ngileerrr aja neh :)
pesan antar kesini bisa ga yah//hehehe

Gege Riyadi on 27 January 2011 at 05:14 said...

hm... jadi laper...

Novi Saluntara on 27 January 2011 at 17:23 said...

@anugrha13: di maluku ya? wahahhaha... blm sampe kesitu kurir kuenya :p
maen kedepok atuh ikut kopdar deBlogger, nanti ta' bawain kuenya :D

Novi Saluntara on 27 January 2011 at 17:24 said...

@Kang Abid: haiya... dipesen atuh kang cheesecakenya, biar ga laper lagi :p

Anonymous said...

hohoho
nanti sudah, klo pas ke jakarta,,,,kita kopdar tapi dibawain yah wkwkwk

Novi Saluntara on 27 January 2011 at 22:22 said...

@anugrha13: siiiippp lah... ditunggu yaaaaaaaa heuheuheuehu

Anonymous said...

mba mau nanya ya...karena itu resepnya tulisannya rapat saya jd bingung, hehehehe. tp blh saya ringkas bahannya? mohon koreksi kalo ada yg salah. biskuitnya di skip ya

toping : 240ml aprikot nectar, 20gr gula kastor, 30gr maizena

cheese cake : 500gr cream cheese, 180ml whipcream, 22,5gr gelatin, 180ml apricot nectar, 115gr gula kastor dan 15ml juice

bener ga ya mba? saya mo coba buat soalnya

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template