Thursday 11 November 2010

Antara Fondx, Bakels dan Massa Ticino

Posted by Novi Saluntara at 19:18
Sejak akhir bulan Oktober 2010, ko susah banget ya nyari Fondx. Semua Tbk yang saya kunjungi hanya mempunyai stok Bakels saja. Duh sedihnya, padahal saya butuh banget fondant, secara stok dirumah udah abis. hikshiks... Sebenernya kedua merk fondant itu ada kekurangan dan kelebihannya. Tergantung selera siy, cuma saya prefer pake Fondx karena menurutku yang masih sangat cupu, anak2 dan pemula dalam dunia per-fondant-an, yang fondx enak baunya, harum, rasanya enak, terus dia lebih lembut, dan kenyel saat digiles juga saat dibejek2 dikasih pewarna wilton (duh apa ya bahasanya hihihi, ga bisa mendeskripsikan dengan baik, lol). Kalo yang bakels agak2 bau asem2 sepet gimana gitu, hihiihih... Menurut tips dari Mba Ria (Icip2 di dapur), kl pake bakels sebaiknya pake tambahan essence, jadi biar harum dan ada rasanya, ga asem2 sepet gimana gitu, hihiihihi... Selain itu yang fondx saat saya pake buat cover kue, lebih lentur, ga gampang putus lembaran fondantnya. Beda dengan saat dulu saya pake Bakels, digiles fondant melebar buat cover kue, begitu diangkat pake rolling lah ko putus, hadoh... ini yang salah fondantnya apa sayanya yang oon yak, secara memang masih cupu, jadi kayaknya emang kesalahan ada di saya niy, hiihihihihhi

Masih menurut saya niy, yang masih pemula banget, kayaknya kalo yang bakels agak2 alot ya, cepet mengeras juga. Beda sama fondx, dia lebih elastis. Ini menurutku yang masih cupu, apa memang begitu kondisinya, atau ada trik dan cara buat mengakali kekurangan dari bakels itu ya. Tapi walau begitu, bakels lebih enak dipake buat bikin figurine 3dimensi, ga letoy2 gimana gitu, gampang tegaknya, hihiihih... Nah kl bikin figurine 3dimensi pake fondex, letoy dah jadinya, meleot jadinya, itu yang sering terjadi hahahhaha.... Tapi sekarang udah ngga lagi tuh, berkat tips dari Mba Ria (icip2 di dapur), figurineku ga pernah meleot lagi hohoohho (ketawa sombong niyyy....) Selain itu, kelebihan bakels yang lain, dia udah ada sertifikasi halalnya, tp sampe sekarang saya belum nemu tuh lembaran sertifikasi halalnya, udah ngubek2 mbah gugel masih aja blm nemu, bingung dah #$%&#%$

Nah kemaren awal november karena nyari2 Fondx ga nemu, saya ditawarin Massa Ticino sama mba2 di Prambanan Kencana. Katanya ini fondant biasa dipake sama chef di hotel2 besar, si Massa ini juga levelnya diatas Fondx. Beliau juga bilang lagi ada promo niy, biasanya si Massa ini harganya mahal banget skr disamain kaya Fondx, isinya 7kg/pail. Karena saya maunya yang harum dan enak kaya Fondx, akhirnya pilihan saya jatuh ke si Massa Ticino ini, daripada ke Bakels. Eh ternyata ketika dikasir saya dikenai harga 346.500 untuk 1 pail, lah tadi katanya harganya disamain sama fondx, gimana siy, bete banget dah... memang siy kl liat harga asalnya yang hampir 600rb rupiah, saya udah dapet diskon gede banget, tp tetep aja bete. Dengan terpaksa dibelilah tuh si Massa Ticino itu.

Sesampainya dirumah digileslah tuh si Massa Ticino. Memang siy rasanya enak, baunya tp ga seharum fondx, si Massa ini agak2 asem, tp ga se-asem aroma bakels. terus pas diuleni, si Massa ini kenyel banget dah, lentur selentur2nya... lebih lentur daripada Fondx. Tp ko aneh ya... ketika dikasih warna ungu, jadinya ga ungu, gelap gitu kaya hampir mau abu2 warnanya. Padahal pasta wilton ungu nya udah banyak dipakenya. Kondisi awal tangan bersih loooo... Udah cuci tangan. Kenapa bisa begitu ya... Terus ketika dikasih warna merah sedikit, tadinya pengen dapet warna baby pink, biasanya aku bisa dapetin warna itu dengan cara yang sama kalo pake fondx, lah ini ko jadinya agak2 beda ya... kaya nerawang2 gimana gitu si fondantnya itu.... kaya ga padat gitu si fondantnya itu. lagian bukan pink dapetnya, malah kaya salem pucet, padahal pake pasta wilton yang sama yang biasa aku pake kalo pake fondx. Penasaran tuh fondant aku tambah warna merahnya, biar dapet warna merah darah atau merah McQueen, lah ko ga dapet2 ya tuh warna, mulai stress dah ini... padahal ga ditambahin warna apa2 lagi selain merah. Sebelum ngegiles pun tangan dah bersih dah cuci tangan, blm megang warna lain sebelumnya. duh anehhhhhhhh... apa yang salah ya..... setelah ditambahin warna merah yang banyak pun, texture fondantnya ko kaya ga padet ya... kaya nerawang gimana gitu... argh susah jelasinnya huhuhuhuh.....

3 comments:

Unknown on 20 July 2013 at 17:38 said...

mama kalo pake fondant yang untuk pemula bagusnya apa ya,yg ga lumer dengan suhu ruang

Unknown on 20 July 2013 at 17:39 said...

mama kalo pake fondant yang untuk pemula bagusnya apa ya,yg ga lumer dengan suhu ruang

Novi Saluntara on 27 December 2013 at 21:12 said...

pake bakels bisa sudah ada sertifikat halalnya..

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template