Monday 11 July 2011

PR LBT#7 - Orange Cotton Cake

Posted by Novi Saluntara at 23:59


Dear Host LBT, saya setor PR LBT terlambat 1 hari. Ga sehari banget siy, itungannya menit hingga jam... *ngeles mode on :p* Saya baru baked si Cotton Cake Senin malam pulang ngantor. Eh begitu kelar mau upload, ga kelar2... Baru berhasil sekarang ini niy... doh, ampun dah... Ga ada sinyal yang bisa diandelin disini...

Cotton Cake yang saya bikin kali ini resepnya Bu Fatmah diambil dari buku 60 Resep Cake & Cookies AntiGagal. Harusnya siy Orange Cotton Roll Cake.. Tapi Loyang pertama Gagal menggulung.. Kulit cakenya menempel di kertas roti... jadi ngelupas jelek kaya tangan yang ngelupas kulitnya, hiiiiii... syerem... Karena ga mau rugi, jadi loyang kedua saya potong2 kotak kecil2 gini deh... Hahahhahaha... Pemalas banget... Cottoncakenya saya tumpuk 2 lalu ditengahnya diberi olesan ganache dan potongan buah jeruk mandarin kalengan... Hmmmm enyak enyak enyakkk

Buat temen2 yang mau nyoba resepnya, monggo silahkannn...
Ini saya share ya resepnya

Orange Cotton Cake
by: Fatmah Bahalwan
Modified by Novi Saluntara



Bahan:
350gr putih telur
200g gula pasir
10 kuning telur
2 butir telur
120 ml susu cair
30 g whipping cream (saya pake whip cream cair)
1sdt vanilla bubuk (saya pake vanila susu La'Rome)
120g tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
120 g mentega
1 sdm pasta orange
1 sdm pasta cokelat black forrest

Filling: (Tambahan dari saya)
100g Whip Cream cair
100g DCC

Caranya:
1. Siapkan 2 buah loyang 30 x 20 x 4 cm, poles margarin dan lapisi kertas roti, poles kembali dengan margarin.
2. Siapkan buttercream (saya ganti dengan Cokelat Ganache), jeruk mandarin kalengan
3. Panaskan susu cair, jangan sampai mendidih lalu masukkan telur, whipp cream dan vanilla, aduk2 dengan baloon whisk, sisihkan dan jaga agar tetap hangat. Saya simpan adonan ini didalam baskom yang lebih besar yang udah saya isi air hangat
4. Lelehkan mentega dan masukkan tepung terigu sekaligus, aduk rata hingga menjadi adonan pasta. Masukkan campuran susu dan whip cream ke dalam adonan pasta, aduk rata
5. Kocok putih telur dengan gula pasir hingga soft peak, kemudian masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan pasta. Setelah homogen masukkan adonan pasta ke dalam sisa 2/3 adonan putih telur. Aduk raya hingga menjadi adonan yang homogen dan ringan.
6. Ambil 200g adonan, beri pasta cokelat black forrest, aduk rata. Masukkan ke dalam pipping bag
7. Ambil 150g adonan, beri pasta orange, aduk rata. Masukkan ke dalam pipping bag
8. Tuang sisa adonan ke dalam loyang, buat motif dari adonan cokelat dan orange.
9. Oven dengan metode ABM (Au Bain Marie) selama 45 - 60 menit hingga matang dengan permukaan cake berwarna kuning kecoklatan dengan suhu oven sebesar 180C.
10. Setelah matang, potong2 cake kemudian oles dengan coklat ganache dan beri jeruk mandarin.

Terima kasih Bunda Ricke atas pilihan tema LBTnya... saya jadi mencoba resep cotton cake selain JCC... hehehe....

0 comments:

Post a Comment

 

Dapur Mama Krishna Copyright © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template